Laman

16 March 2016

Berinteraksi Dengan Pola Negatif (1/20)

Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak.

Mengikuti pola negatif dalam berinteraksi dengan anak merupakan suatu kesalahan yang sering di lakukan oleh orang tua. Secara ringkas pola negatif orang tua dalam berinteraksi dengan anak misalnya sbb :

  1. Sikap Diktator. Adalah sikap orang tua yang selalu menolak atau menentang keinginan anak. Dan memaksakan anak harus menjalani perintah orang tua. Sikap seperti ini biasanya orang tua akan bersikap keras tehadap anak. Suka atau tidak suka anak harus nurut dengan orang tua. titik !!!.  Lebih bahay lagi jika perintah untuk menuruti keinginan orang tua di iringi dengan celaan jika anak tidak mampu memenuhi keinginan orang tuanya.

  2. Sikap Over Proteksi. Sikap over protektif akan terjadi saat orang tua selalu memenuhi keinginan anak. Sikap ini sama dengan memanjakan anak. Sikap ini akan memberikan ruang yang terbatas kepada anak dalam berkreasi dan berinteraksi dengan dunia luar. Sikap overprotektif kalau di perhatikan  hampir sama dengan sikap diktator. Karena sama-sama merebut kebebasan anak.

  3. Sikap Permisif. Ada orang tua yang mengabaikan keberadaan anaknya. Mereka membiarkan anaknya berperilaku apapun yang di inginkan anak tanpa arahan orang tua, tanpa pengawasan, dan tanpa motivasi. Padahal dorongan, arahan,pengawasan dan motivasi orang tua sangat penting. 

  4. Sikap Memanjakan. Sikap memanjakan biasanya di lakukan dengan memenuhi permintaan anak secara langsung pada saat anak memintanya. Walaupun apa yang di minta tidak baik untuk anak tetap di penuhinya. Biasanya juga orang tua akan mengendalikan orang lain (anggota keluarga lainnya) untuk mematuhi dan memenuhi permintaan anak kepadanya. 

  5. Sikap Inkonsisten. In merupakan sikap paling berbahaya bagi kepribadian anak. Sikap orang tua yang tidak konsisten. Misalnya anak mendapatkan hadiah pada saat melakukan suatu perbuatan, tapi di saat yang lain mendapatkan hukuman pada perbuatan yang serupa. Anak akan menjadi bingung dalam menilai dan memilikiemosi yang tidak stabil.
Oke sahabat...sekian dulu tulisan ini...semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment